01/03/2022
by Aura

Protokol Kesehatan saat Main Golf Selama Masa Pandemi

WALAU pandemi covid-19 masih berlangsung, olahraga tetap lah harus dilakukan. Bagi mereka yang gemar dengan golf, masih bisa juga memainkannya. Tapi, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Persatuan Golf Indonesia (PGI)…...
"

Start reading

WALAU pandemi covid-19 masih berlangsung, olahraga tetap lah harus dilakukan. Bagi mereka yang gemar dengan golf, masih bisa juga memainkannya. Tapi, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Persatuan Golf Indonesia (PGI) pun sudah merilis petunjuk mengenai aturan bermain golf di tengah masa pandemi. Tapi PGI mengingatkan bahwa petunjuk tersebut bukan lah rekomendasi untuk bermain golf di masa pandemi. Setiap pegolf harus tetap memperhatikan anjuran pemerintah terkini dalam melakukan kegiatan di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.

Dalam petunjuk tersebut, PGI menyebut ada modifikasi untuk sejumlah peraturan. Berikut penyesuaiannya.

Leonian Ads

Pencatatan skor dalam stroke play
Kartu skor dapat ditulis oleh marker atau pemain dan hanya perlu ditandatangani oleh penulis skor. Pemain atau marker yang tidak menulis skor tetap harus mengesahkan dengan cara yang dapat diterima oleh komite. Kartu skor tidak harus dikembalikan secara fisik ke komite, dapat dikirim secara elektronik.

Tiang bendera
Tiang bendera tetap berada di lubang selama permainan.

Bola telah masuk lubang
Ada sejumlah modifikasi yang diperkenankan, yakni pertama membuat lingkaran dengan jari-jari maksimum 50 cm dari lubang. Dengan menambahkan satu pukulan, bola yang berhenti di dalam lingkaran dianggap telah masuk lubang. Lalu kedua, membuat pembatas di lubang sehingga bola tidak sepenuhnya masuk ke dalam lubang. Bola yang berhenti di lubang dianggap telah masuk lubang walaupun tidak sepenuhnya berada di bawah permukaan putting green.

Bunker
Pemain tetap diharapkan untuk merawat kondisi bunker dengan merapikan kondisi bunker kembali ke kondisi sebagaimana bunker tersebut kita harapkan. Namun pemain diharapkan menggunakan kakinya atau perlengkapannya sendiri dalam melakukan hal tersebut.

Menyentuh bola
Pegolf dapat memutuskan apakah dirinya atau kedi yang menyentuh atau menangani bolanya. Kemudian pemain atau kedi itu seterusnya menangani bola tersebut hingga saat dimana pemain memutuskan untuk mengganti bola.

Selain modifikasi yang telah disebutkan, juga ada anjuran lain yang sebaiknya diikuti setiap pegolf.

Perlengkapan pemain
Pemain sendiri yang menangani perlengkapannya (klab, payung, handuk, sarung tangan).

Trolley
Trolley ditangani hanya oleh kedi pemain sendiri selama bermain.

Kereta golf
Pemain tidak berbagi kereta golf dan diputuskan pemain atau kedi yang mengendarai kereta golf tersebut selama permainan berlangsung.

Sementara aturan lainnya adalah para pemain dan kedi agar tidak bertukar perlengkapan. Jika penanganan perlengkapan oleh pengelola lapangan tidak memungkinkan untuk dilakukan, harus menggunakan alat perlindungan diri yang memadai. Kemudian, selalu menjaga jarak, membawa alat sanitasi, serta perlengkapan perlindungan diri yang dianggap perlu.

(pgi)

Leonian Ads

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pick your next post

Contact Us

Address : Jl. Media No.88 - Jakarta Barat - 18789 - INDONESIA
______________________________
Email : halo@golftimes.id
Office : 0812-3456-7890
Advertising Info : 0811-1967-688

Information

  • Redaksi
  • Karir
  • Media Partner
  • Info Iklan

Categories

News
Profile
Junior & Amatir
Video
Tips & Tricks

065826
Users Today : 98
This Month : 5076
This Year : 21840
Total Users : 65826
Total views : 176731