03/01/2023
by joko susilo

Ini 6 Jenis Stik Golf yang Digunakan, Dari Driver sampai Putter

Golf Times, Jakarta-Bagi pemula sebelum terjun di lapangan untuk bermain golf, wajib mengetahui berbagai jenis peralatannya untuk dimainkan salah satunya tongkat pemukulnya. Dengan melakukan hal tersebut, maka pemain bisa memahami…...
"

Start reading

Golf Times, Jakarta-Bagi pemula sebelum terjun di lapangan untuk bermain golf, wajib mengetahui berbagai jenis peralatannya untuk dimainkan salah satunya tongkat pemukulnya.

Dengan melakukan hal tersebut, maka pemain bisa memahami stik apa yang harus dipakai untuk melakukan pukulan (stroke) dalam situasi permainan golf.

Setiap stik golf pun memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda satu sama lain, apakah untuk lambungan jarak pendek atau jauh.

Leonian Ads

Berikut ini beberapa jenis stik yang umum digunakan dalam permainan golf:

Driver

Driver adalah tipe stik yang digunakan untuk melakukan pukulan pertama atau tee shot dalam permainan golf.

Saat melakukan tee shot, pemain tentu berharap bola yang dipukul bisa sedekat mungkin berada di lubang (hole) atau malah menciptakan hole in one.

Jarak normal yang bisa dihasilkan dari pukulan menggunakan stik driver adalah 230 yard (sekitar 210 meter) untuk pegolf putra dan 200 yard (sekitar 182 meter) untuk pegolf putri.

Woods

Wood adalah bagian dari golf club (peralatan golf) yang digunakan untuk mengarahkan bola ke jarak yang sangat jauh menuju hole.

Pegolf putra pada umumnya akan mencapai 3-wood sekitar 210 yard (sekitar 192 meter) dan 3-wood putri mencapai 180 yard (setara 164 meter).

Hybrids

Adalah jenis klub yang menggabungkan elemen desain woods dan besi yang bisa digunakan di fairway bunker, rough, dan fairway.

Jarak yang bisa diciptakan stick hybrids normal untuk putra sekitar 180 yard (164 meter) dan putri hampir mendekati 150 yard (137 meter)

Irons

Irons adalah jenis stik dengan kepala padat yang terdiri dari logam dengan muka miring yang datar. Stik jenis ini dikelompokkan berdasar jarak dengan tanda angka 1-9.

Jenis long irons ditandai angka 1-4, mid irons (5-7), serta short irons (8-9). Pemberian angka sdisesuaikan dengan sudut lambungan bola yang diciptakan.

Wedge

Adalah tipe irons dengan daya lambung yang lebih besar dan digunakan dalam berbagai pukulan jarak pendek.

Terdapat beberapa jenis wedge, yakni pitching wedge (sekitar 45-50 derajat), approach wedge (50-55 derajat), sand wedge (55-57 derajat), lob wedge (64-68 derajat).

Putter

Putter adalah klub dengan lambungan tidak lebih dari 10 derajat yang biasanya digunakan untuk menggulirkan bola di green (rumput).

Klub ini biasanya digunakan untuk membantu mengangkat bola atau menggulirkannya dari green ke hole.

Saat menggunakan putter, pemain harus bisa menakar kekuatan yang dipakai untuk melakukan pukulan agar tak terlalu kuat atau lemah sehingga bola bisa masuk ke hole.

Leonian Ads

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pick your next post

Contact Us

Address : Jl. Media No.88 - Jakarta Barat - 18789 - INDONESIA
______________________________
Email : halo@golftimes.id
Office : 0812-3456-7890
Advertising Info : 0811-1967-688

Information

  • Redaksi
  • Karir
  • Media Partner
  • Info Iklan

Categories

News
Profile
Junior & Amatir
Video
Tips & Tricks

065838
Users Today : 110
This Month : 5088
This Year : 21852
Total Users : 65838
Total views : 176909