Moto Guzzi kembali mencuri perhatian dunia otomotif dengan merilis edisi spesial V100 Mandello “Wind Tunnel”, sebuah penghormatan kepada warisan teknis legendaris sekaligus pernyataan ambisi masa depan.
Dirancang untuk memperingati 70 tahun terowongan angin bersejarah di Mandello del Lario, Italia — fasilitas yang sejak 1954 menjadi saksi inovasi aerodinamika Moto Guzzi — V100 Wind Tunnel tampil sebagai motor paling canggih yang pernah diproduksi merek ikonik ini.
Motor ini bukan hanya soal tampilan klasik yang diperhalus dengan cat merah menyala dan aksen sampanye. Di balik desain elegan itu, tersembunyi teknologi mutakhir: mesin V-twin berpendingin cairan pertama milik Guzzi, sistem kontrol kestabilan berbasis IMU enam sumbu, ABS menikung, suspensi Öhlins semi-aktif, hingga kontrol jelajah adaptif berbasis radar.



Tak berhenti di situ, V100 Mandello juga menjadi motor produksi pertama di dunia yang mengusung fitur aero aktif. Deflektor angin tersembunyi akan muncul secara otomatis pada kecepatan tertentu untuk menambah stabilitas dan kenyamanan berkendara.
“Moto Guzzi seperti berkata kepada dunia: Kami bisa setara dengan merek Eropa modern, tapi dengan gaya khas Italia,” ujar seorang pengulas otomotif yang pernah menjajal langsung motor ini.
V100 edisi Wind Tunnel hadir sebagai simbol penting dari perjalanan teknis Moto Guzzi — dari fasilitas pengujian revolusioner di era 50-an, hingga sepeda motor berteknologi tinggi masa kini. Terowongan angin yang digunakan Guzzi saat itu merupakan satu-satunya di dunia yang dikhususkan untuk sepeda motor, dan uniknya, menggunakan pengendara serta motor sungguhan untuk mengukur hambatan udara secara real-time — jauh sebelum teknologi komputerisasi hadir.
Hingga kini, terowongan itu masih berfungsi dan bahkan sempat digunakan untuk menguji perlengkapan bobsleigh tim Olimpiade.
Dengan V100 Wind Tunnel, Moto Guzzi menegaskan bahwa mereka tak sekadar hidup dari nostalgia. Mereka mampu menyatukan warisan mekanikal yang kuat dengan inovasi era baru — mengubah pandangan tentang seperti apa seharusnya sepeda motor klasik Italia tampil di zaman modern.
0 Comments