Audi kembali memperkuat jajaran sedan listriknya dengan meluncurkan versi entry-level dari E-Tron GT. Meski menyandang label “dasar”, model terbaru ini tetap menyuguhkan performa bertenaga dan teknologi mutakhir, dengan harga yang masih menyentuh enam digit.
Secara tampilan, nyaris tak ada perbedaan mencolok dibanding versi S atau RS. Desain eksterior tetap elegan dan agresif khas Audi, dengan perbedaan hanya pada aksen hitam di bagian depan serta absennya emblem S/RS di buritan.
Di balik tampilannya yang sederhana, versi dasar E-Tron GT tetap mengusung sistem penggerak semua roda Quattro, dengan dua motor listrik — satu di masing-masing as roda. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 496 hp, dan dapat meningkat hingga 577 hp saat menggunakan launch control. Akselerasi 0–100 km/jam dapat dicapai dalam waktu hanya 4 detik.
Menariknya, model ini menggunakan baterai yang sama dengan varian S, namun lebih ringan sekitar 30 kilogram, menjadikannya lebih efisien dan memiliki jangkauan tempuh lebih jauh hingga 622 kilometer menurut standar WLTP. Kendati demikian, bobot total kendaraan tetap berada di kisaran 2.358 kilogram, termasuk pengemudi.


Kemampuan pengisian dayanya pun tidak main-main. Dengan dukungan sistem fast-charging 320 kW, mobil ini bisa mengisi daya dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit. Dalam kondisi optimal, hanya butuh 10 menit untuk menambah jarak tempuh 285 kilometer.
Lalu apa yang dikorbankan dari versi ini? Audi mengurangi tenaga sekitar 93 hp dan sedikit memperlambat akselerasi dibandingkan varian S. Namun kompensasinya, model ini menawarkan efisiensi daya dan jangkauan yang lebih unggul.
Harga dasar E-Tron GT di Jerman dimulai dari €108.900, atau sekitar €17.100 lebih murah dari model S. Kendati demikian, rival terdekatnya, Porsche Taycan 4, masih sedikit lebih murah dengan harga mulai €107.300. Taycan versi penggerak roda belakang bahkan dibanderol €102.600.
Untuk pasar Amerika Serikat, harga versi entry-level belum diumumkan secara resmi. Namun jika melihat model S yang dijual mulai dari $126.795, besar kemungkinan varian dasarnya pun akan tetap bertengger di angka enam digit.
Audi membuktikan bahwa meskipun menyasar segmen dasar, performa dan teknologi tetap jadi prioritas. Namun untuk memilikinya, konsumen tetap harus merogoh kocek cukup dalam.
0 Comments