04/04/2023
by bachtiar

Ini 7 Manfaat Olahraga Golf bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Penglihatan

Golf Times, Jakarta-Olahraga golf memang kurang diminati oleh sebagian besar masyarakat kita. Apalagi jika dibandingkan dengan olahraga bulu tangkis atau sepak bola. Olahraga golf dimainkan di lapangan besar, yang luasnya…...
"

Start reading

Golf Times, Jakarta-Olahraga golf memang kurang diminati oleh sebagian besar masyarakat kita. Apalagi jika dibandingkan dengan olahraga bulu tangkis atau sepak bola.

Olahraga golf dimainkan di lapangan besar, yang luasnya bisa mencapai antara 30 hingga 200 hektare. Tujuan olahraga ini untuk mendorong bola yang keras dan kecil, ke dalam lubang dengan hanya memanfaatkan sesedikit mungkin pukulan.

Meski olahraga ini terdengar mudah, namun memasukkan bola kecil ke dalam lubang tetap membutuhkan skill dan pengetahuan yang tentunya perlu dilatih secara rutin. Selain keahlian memukul yang baik, olahraga golf juga membutuhkan kesabaran dan juga stamina untuk mengelilingi lapangan yang luas.

Leonian Ads

Pada akhirnya, sama seperti olahraga lainnya, golf juga memberikan manfaat kesehatan bagi pemainnya. Melansir dari healthfitnessrevolution.com, berikut manfaat olahraga golf bagi kesehatan.

  1. Asupan Matahari dan Udara Segar

Manfaat olahraga golf yang pertama bisa mendapatkan asupan matahari dan udara segar di luar ruangan. Bermain golf di lapangan dengan luas hingga 200 hektar, mengharuskan pemain berada di luar ruangan.

Berjemur di alam memberi kita banyak manfaat kesehatan bagi pikiran dan tubuh. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa paparan dari area hijau secara konstan membuat tubuh menjadi rileks, mengurangi stres dan dapat membantu mengurangi kecemasan.

Selain itu, paparan sinar matahari juga memungkinkan tubuh menyerap vitamin D dari matahari, meningkatkan pertumbuhan tulang, dan mengurangi risiko depresi, penyakit jantung, dan kanker tertentu.

Membantu Membakar Kalori
Manfaat olahraga golf yang kedua untuk membantu membakar kalori. Mencakup luas 30 hingga 200 hektar berarti Anda perlu banyak berjalan. Terlebih jika Anda tidak menggunakan mobil golf dan berjalan di lapangan golf, rata-rata dapat menempuh jarak antara lima hingga tujuh kilometer.

Jika Anda memilih untuk membawa tongkat golf Anda sendiri, Anda juga akan membakar lebih banyak kalori. Dengan melibatkan semua aktivitas berjalan, membawa tas golf, dan mengayunkan tongkat golf, pemain golf dapat membakar hingga 1000 kalori dalam satu permainan.

  1. Menjaga Detak Jantung Tetap Tinggi

Manfaat olahraga golf yang ketiga untuk menjaga detak jantung tetap tinggi. Bermain golf dapat menghasilkan sedikit latihan untuk jantung Anda.

Seperti halnya dengan membakar kalori, berjalan, membawa tas golf, dan mengayunkan tongkat golf akan meningkatkan detak jantung Anda, menjaganya tetap memompa dan meningkatkan aliran darah. Secara alami, ini akan menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol “jahat”.

  1. Baik untuk Otak

Manfaat olahraga golf yang keempat baik untuk otak. Saat detak jantung Anda meningkat, darah akan mengalir ke otak, yang dapat menstimulasi dan meningkatkan koneksi sel saraf. Ini dapat menunda penyakit mental seperti demensia.

Saat bersaing dengan pemain lain, pegolf juga akan bersaing dengan diri mereka sendiri untuk mendapatkan skor pribadi terbaik. Jenis tantangan ini meningkatkan kepercayaan diri, sementara kesigapan mental yang terlibat dalam penghitungan skor, meningkatkan strategi, dan mendorong koordinasi tangan-mata yang akan membuat otak tetap aktif.

Manfaat olahraga golf yang kelima untuk meningkatkan penglihatan. Dibutuhkan penglihatan yang cukup baik untuk bisa melihat bola putih kecil yang jaraknya mungkin hanya beberapa yard.

Pegolf belajar untuk mengasah target kecil dari jarak jauh dan bahkan ketika bola berada di tee, sebelum mengayunkan tongkat, pegolf diberikan kesempatan untuk mengevaluasi ketajaman penglihatan sambil meningkatkan koordinasi tangan-mata.

  1. Risiko Cedera Rendah

Manfaat olahraga golf yang berikutnya adalah golf merupakan olahraga dengan risiko cedera yang rendah. Golf adalah olahraga santai dan, dibandingkan dengan olahraga lain, risiko cedera dari olahraga ini terbilang rendah karena bukan olahraga yang mengandalkan kontak fisik.

Meskipun golf pada dasarnya adalah olahraga strategi, koordinasi, dan akurasi, ada beberapa aktivitas fisik yang melibatkan berjalan, berayun, dan berputar. Golf adalah olahraga dengan risiko cedera yang rendah tetapi tetap memberikan aktivitas fisik yang cukup untuk menjaga otot tetap aktif.
Meningkatkan Penglihatan

  1. Tidur Nyenyak

Manfaat olahraga golf yang terakhir dapat membuat tidur lebih nyenyak. Karena Anda cukup banyak berolahraga, tubuh Anda yang lelah akan menerima efeknya pada malam hari.

Orang yang bermain golf akan tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak, serta mampu tetap tidur nyenyak untuk jangka waktu yang lebih lama karena jumlah energi yang dikeluarkan.

Leonian Ads

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pick your next post

Contact Us

Address : Jl. Media No.88 - Jakarta Barat - 18789 - INDONESIA
______________________________
Email : halo@golftimes.id
Office : 0812-3456-7890
Advertising Info : 0811-1967-688

Information

  • Redaksi
  • Karir
  • Media Partner
  • Info Iklan

Categories

News
Profile
Junior & Amatir
Video
Tips & Tricks

065869
Users Today : 141
This Month : 5119
This Year : 21883
Total Users : 65869
Total views : 177022